Mari kita mulai dengan Analisa Visual Iklan Kontroversial...
Ditaruh pada persimpangan antara ruang pribadi dan umum,fotografi
The Heroine of Minsk
1941, Tentara Lithuanian dengan Jerman mengesekusi mati 3 pejuang Rusia
Kelaparan di Sudan oleh Kevin Carter
1993, Kondisi akibat perang sipil di Sudan
Fotografer Fashion Oliviero Toscani adalah orang jenius dibalik kampanye iklan Benetton.
Kampanye selalu kontroversial, yang membuktikan sesuatu yang membuat shock dan penjualan tidak bertujuan saling ekslusif.
Foto yang paling kontoversial adalah sebuah foto pastur dan suster berciuman yaitu dengan menentang prinsip religius, foto tersebut mendorong orang untuk berpikir mengenai kendala tradisional ( katolik Roma )
Beberapa Iklan yang menggunakan sexsual attraction untuk menarik perhatian konsumen, tetapi hal ini kadang kala bertentangan dengan etika yang ada dalam masyarakat. Keberatan seks dalam iklan bukan hanya dialami oleh wanita tetapi juga oleh laki - laki.
Jadi Kritik untuk iklan dapat berdasarkan gender,ras dan etnik. Hal ini berkaitan dengan Kebijakan dan Panduan praktis dalam iklan.
Iklan Benetton tidak menampilkan produknya langsung tetapi memperlihatkan fotografi yang menangkap isu sosial yang sedang hangat. Benneton memiliki reputasi dan pembuat iklan yang provocative dengan visual yang mengejutkan untuk menarik perhatian orang.
" We On Death Row "
Foto dari seseorang yang sudah dieksekusi mati.
Iklan menjual lebih banyak produk, ia menjual nilai moral dan budaya seperti : konsep sukses, cinta dan seksualitas.
Perbedaan antara tubuh pria dan wanita adalah konsekuensi langsung dari evolusi. Tubuh wanita identik dengan menghasilkan keturunan, sedangkan tubuh pria berkembang untuk berkompetisi memperebutkan hirarki antar laki - laki,berjuang untuk wanita, dan menyediakan sandang,pangan,papan bagi keluarga.
Konsep wanita yang dinginkan laki-laki memiliki tanda seperti : wajah yang cantik, kaki yang memiliki bentuk yang indah,pinggul dan buah dada yang bagus merupakan sinyal muda ( youth ) dan sehat ( health ) untuk reproduksi.
Daya tarik seksual ( Attraction ) dibangun dari kehidupan sosial biologis membentuk keputusan sesaat. Apakah laki - laki tertarik pada wanita atau sebaliknya, ini merupakan dasar dari sinyal kebutuhan biologis pada alam bawah sadar keinginan seksual.
Marliyn Monroe, adalah sosok perempuan dengan daya pikat seksual yang tinggi, cantik, indah dengan lekukan tubuhnya,sebuah misteri,karismatis,genit,rapuh dan tidak mudah di rengkuh itulah kata- kata yang mendeskripsikan Marliyn Monroe.
Seorang wanita dengan ikon wanita yang memiliki daya seksual yang tinggi adalah Briggte Bardot.
Menurut Desmond Morris ada 2 teori dasar mengenai pakaian berdasarkan peran seksual, yaitu :
1. Theori kesopanan ( The Modesty theory )
2. Teori lawan kesopanan ( The Immodesty theory )
Tanda - tanda seksual pada wanita sebagai berikut :
Warna kulit yang hangat mencerminkan healthty sexsual glow, kaki yang panjang menampilkan kedewasaan dan lebih seksi, senyum mensimbolkan persetujuan atau daya tarik, efek merona merah (blushing) pada wajah menandakan kermurnian ( innoncense ) dan belahan dada.
Sinyal keintiman diperhatikan dengan cara : berpegangan tangan, menaruh tangan dipundak atau dipinggang pasangan,bertatapan jarak dekat dan menyentuh pasangan.
Belahan dada kadang digunakan sebagai episentrum yang menstimulasi daya tarik seksual wanita.
Phallic symbol
Kesimpulan
- Iklan yang kontroversial dapat diterima atau ditolak tergantung lokasi iklan tersebut.
- kebijakan data aturan publik merupakan bingkai untuk iklan.
- untuk melihat iklan yang kontroversial dibutuhkan ilmu antropologi dan sosiologi.
Sekian penjelasan mengenai Analisa Visual Iklan Kontroversial, semoga bermanfaat :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar